Tempat Wisata Terpopuler Di Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata terpopuler di Indonesia.Tak heran jika banyak wisatawan asing maupun domestik memilih Jogja sebagai destinasi kunjungan mereka.Kekayaan Budaya,keramah-tamahan penduduknya menjadikan magnet buat para wisatawan tuk selalu berkunjung ke Yogyakarta.Hal ini bisa dilihat dari padatnya Jogja ketika akhir pekan maupun musim libur panjang akibat serbuan wisatawan dari berbagai daerah. Lalu tempat wisata apa sajakah yang menjadi destinasi wisata favorit para pelancong tersebut? Berikut tempat wisata paling populer yang ada di Jogja:

1.Malioboro

Malioboro
Malioboro

Salah satu tempat wisata terfavorit di Jogja,adalah Malioboro.Jalan yang membelah jantung kota Yogya ini menawarkan pesona khas yang mampu membius siapa saja yang mengunjunginya.Menikmati suasana malam di malioboro,sambil makan di warung lesehan atau belanja berbagai macam souvenir khas Jogja.Berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga, Malioboro menjadi kembang yang pesonanya mampu menarik wisatawan.

2.Keraton Yogyakarta.


keraton
Keraton Yogya
Keraton Yogyakarta  merupakan tempat tinggal raja,di tempat ini anda bisa melihat dan mempelajari adat istiadat serta tradisi warisan budaya yang selalu terjaga sejak jaman dulu.
Kraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya semata, Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut. Di tempat ini wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus hidup serta dilestarikan. Kraton Yogyakarta dibangun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755, beberapa bulan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti. Dipilihnya Hutan Beringin sebagai tempat berdirinya kraton dikarenakan tanah tersebut diapit dua sungai sehingga dianggap baik dan terlindung dari kemungkinan banjir. Meski sudah berusia ratusan tahun dan sempat rusak akibat gempa besar pada tahun 1867, bangunan Kraton Yogyakarta tetap berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik. 

3.Tamansari


tamansari
Tamansari

Peninggalan arsitektural yang kuno di sertai keindahan pemandangan di dalamnya,membuat siapa saja ingin mengunjunginya.Dulunya bangunan ini di peruntukan sebagai tempat mandi permaisuri serta selir raja mataram.Bangunan ini di bangun oleh Demak Tegis seorang arsitek berkebangsaan Portugis dan Bupati Madiun sebagai mandor atas Perintah Sultan Hamengkubuwono ke1 .Sebuah istana di umbul yang terletak 500 meter selatan keraton. Istana yang dikelilingi segaran (danau buatan) dengan wewangian dari bunga-bunga yang sengaja ditanam di pulau buatan di sekitarnya itu sekarang dikenal dengan nama Taman Sari.

4.Pantai Parangtritis.


parangtritis
Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

5.Pantai Depok


pantai depok yogyakarta
Pantai Depok

Pantai ini terletak di sebelah barat Parangtritis,disana tempatnya ber wisata kuliner khas pesisir, anda akan di manjakan dengan berbagai macam jenis ikan segar yang tersedia di tempat pelelangan ikan disana, dan  menikmati hidangan nan lezat sambil melihat pemandangan pantai yang begitu menakjubkan.

Demikian sekelumit info kami mengenai tempat wisata terpopuler di Jogja, masih banyak lagi tempat wisata menarik yang ada di Yogyakarta kami akan mengulasnya di tulisan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar