Budaya Betawi Yang Masih Bertahan Ditengah Kehidupan Metropolitan Jakarta

Jakarta adalah ibukota negara Indonesia yang sangat dinamis yang kini menjelma menjadi kota metropolitan dengan berbagai tempat pariwisata yang sangat baik untuk anda kunjungi. Di Jakarta ini terdapat kurang lebih 300 macam suku etnis yang merupakan etnis pendatang dan nenek moyang terdahulu yang telah berlangsung berabad abad lamanya. Begitu pula dengan bahasa yang digunakan, walaupun mayoritas bahasa komunikasi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia namun masih terdapat banyak sekali bahasa yang digunakan di kota ini. Jakarta merupakan sebuah kota yang menjadi satu titik pertemuan dari berbagai macam budaya dan adat istiadat. Dengan adanya berbagai macam etnik ini maka akan ditemukan pula berbagai macam kuliner yang menjadi pilihan para pelancong ibukota. Walaupun Jakarta merupakan sebuah kota yang menjelma sebagai kota metropolitan yang kental dengan kehidupan modern dan menjadi pusat dari segala bentuk bisnis dan pusat dari pemerintahan negara serta hiburan hiburan yang memanjakan para pengunjung, namun ibukota Jakarta ini memiliki etnik asli yaitu Betawi.

Ondel-ondel Betawi
Kesenian Betawi

            Betawi adalah suku etnik asli Jakarta yang memiliki adat istiadat yang masih mereka junjung tinggi dengan ciri khas yang tetap masih mereka pertahankan ditengah pertumbuhan budaya budaya luar yang mulai mendominasi dikalangan anak muda saat ini. Oleh karena itu, banyak seniman yang berusaha tetap mempertahankannya meski sangat sulit dengan berbagai cara seperti membuat Perkampungan Betawi, mengadakan acara acara yang berbau budaya Betawi bahkan membuat sebuah komunitas pecinta adat Betawi meski harus bersaing dengan keadaan budaya asing yang masuk ke tengah tengan Jakarta ini. Selain mewariskan Budaya Betawi, para leluhur juga mewariskan sebuah kota yang dipenuhi berbagai peninggalan sebagai saksi sejarah yang ada di penjuru Jakarta berupa artefak yang memiliki nilai artistik yang tinggi sehingga patut dijadikan sebagai objek wisata ketika anda mengunjungi Jakarta ini.

Kerak telor
Kuliner khas Betawi

            Bukan hanya budaya yang dijadikan sebagai daya tarik pengunjung di kota jakarta ini, tapi ada berbagai makanan khas Betawi yang tidak terlalu sulit ditemukan disetiap penjuru kota, salah satunya adalah kerak telor. Kerak telor menjadi ciri khas kuliner tradisional yang melegenda yang terdapat di Jakarta. Kerak telor terbuat dari tepung beras ketan putih yang dicampur dengan telor ayam atau telor bebek kemudian dicampur dengan ebi dan sangrai kelapa kemudian diberi bumbu rempah rempah hasil racikan tangan tangan tradisonal yang khas dan cekatan. Minuman khas jakarta yang sangat cocok disajikan dengan kerak telor adalah bir pletok akan menjadi sebuah kombinasi cita rasa khas Betawi yang kental dilidah pengunjung ditengah hampir punahnya budaya Betawi karena dominasi dari gaya hidup modern yang telah menjalar di kota Jakarta ini sama halnya dengan kota kota metropolitan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar