Wisata Kuliner : Menikmati Lezatnya Rujak Cingur

 
wisata kuliner surabaya
Rujak Cingur

Rujak Cingur Kuliner Khas Kota Pahlawan.Tak lengkap rasanya, berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi makanan khas yang satu ini. Terdiri dari lontong, tahu, tempe, cingur, irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, mangga muda, krai (sejenis ketimun khas Surabaya), bengkoang, dan nenas serta tak ketinggalan beberapa jenis sayur-mayur seperti kecambah/tauge, kangkung, dan kacang panjang.

Disebut rujak cingur karena bumbu yang digunakan adalah campuran petis udang dan cingur. Bumbu inilah yang digunakan untuk mencampur semua bahan-bahan di atas. Menikmati seporsi rujak cingur kuliner khas Surabaya ini akan lebih sempurna bila disertai dengan kerupuk.


Menikmati Lezatnya Rujak Cingur
Lezatnya Aroma Khas Surabaya

Dalam penyajiannya rujak cingur dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyajian 'biasa' dan 'matengan'. Penyajian 'biasa' atau umumnya, berupa semua bahan yang telah disebutkan di atas, sedangkan 'matengan' (matang, Jawa) hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo (kerahi yang digodok) dan sayur (kangkung, kacang panjang, taoge) yang telah digodok. Tanpa ada bahan 'mentah'nya yaitu buah-buahan, karena pada dasarnya ada orang yang tidak menyukai buah-buahan. Keduanya memakai saus/bumbu yang sama.

Belum lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Surabaya tanpa mencoba makanan yang satu ini,berwisata kuliner sambil menikmati keindahan kota surabaya.


1 komentar:

  1. nice post,
    mau jalan2 sambil belajar masak?
    silahkan klik di sini

    BalasHapus