Mencicipi Semanggi Suroboyo,Kuliner Khas Surabaya

 
pecel semanggi nan menggoda
Semanggi Suroboyo


Semanggi Suroboyo. Buat Warga surabaya mungkin sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini,makanan yang terbuat dari rebusan daun semanggi dan kecambah  yang  direbus,  disajikan  bersama  campuran petis dan bumbunya yang khas yang merupakan  perpaduan  dari  ketela  rambat, kacang tanah dan gula merah, serta dilengkapi kerupuk puli,Dijamin Haujek..

Secara tradisional, makanan ini disajikan di atas ‘pincuk’ daun pisang. Terkadang disediakan suru (daun pisang yang dibentuk menyerupai sendok) untuk memakannya, tapi ada juga yang menggunakan krupuk puli sebagai sendoknya.Rasa tawar daun semanggi berpadu dengan manisnya sambel pecel semanggi, sangat cocok dimakan sebagai ‘pengganjal’ perut lapar. Semanggi Suroboyo masih dibilang jajanan rekreasi yang murah dan menyehatkan. Jangan heran, jika jajanan ini digemari oleh semua lapisan masyarakat. Mulai dari kelas bawah, menengah hingga ke atas.

semanggi
Pedagang Semanggi

 
Penasaran  ingin  makan  semanggi...?  Harap bersabar,  sebab  makanan  ini  susah-susah gampang dicari. Lebih banyak dijajakan keliling di pagi sampai siang hari. Pagi hari, biasanya para penjual  ini berkumpul  sebelum akhirnya berpencar  berjualan  keluar masuk  kampung. Bakul  pecel  semanggi  rata-rata  berasal  dari  satu tempat, yaitu Desa Kandangan, Kecamatan Benowo, Surabaya. Dua tempat yang dijadikan “pos” di pagi hari, adalah pinggir jalan Kupang Praupan  dan  di  jalan  Rajawali.
 
Saking melegendanya Kuliner satu ini,para seniman Surabaya tempo dulu menciptakan satu lagu yang terinspirasi akan kelezatan Semanggi Suroboyo , Coba anda simak syair lagu berikut ini:

semanggi suroboyo..
lontong balap wonokromo..
di makan enak sekali..
sayur semanggi krupuk puli bung beli..
semanggi Suroboyo..
lontong balap Wonokromo..
dijual serta didukung..
masuk kampung, keluar kampung..
mari bung coba beli..
reff:
harganya murah sekali,
sepincuk hanya setali,
sungguh memuaskan hati,
sayur smanggi, kangkung turi…
bung beli…
sedap benar bumbunya,
dan enak rasanya,
sayur smanggi, kangkung turi…
bung beli…
Penasaran kan dengan Semanggi Suroboyo?? Silahkan Berkunjung Ke Surabaya dan rasakan kelezatan kuliner yang satu ini...Sampai Jumpa..

0 komentar:

Posting Komentar