Makanan Khas Indonesia Sudah Menjadi Sebuah Budaya Nasional

Jika anda membaca judul artikel diatas, mungkin anda merasa aneh kenapa makanan khas bisa menjadi sebuah budaya ?. Ya, anda benar makanan khas yang ada di Indonesia merupakan resep masakan khas peninggalan nenek moyang yang terus menerus dilestarikan oleh anak cucunya. Bahkan tidak berhenti disitu, makanan khas tradisional merpakan budaya kuliner yang  unik yang ada di Indonesia. Indonesia adalah sebuah negara yang sangat strategis yang menjadi sebuah kuali besar yang mampu menampung puluhan ribu jenis kuliner tradisional bahkan kuliner yang sudah mengalami inovasi dari negara tetangganya seperti Cina, Jepang, Korea, India hingga negara negara Eropa lainnya. Kuliner yang terdapat di Indonesia sangat bervariasi sekali dengan menyajikan olahan dari hasil alam seperti sayuran organik, makanan laut seperti ikan laut, kerang, kepiting dan lain sebagainya. Kemudian dimasak dengan bumbu rempah rempah yang memiliki ciri khas pilihan yang menjadi andalan negeri ini.

Rendang
Rendang

            Makanan yang disajikan berasal dari bahan bahan segar dari alam nusantara dan disajikan dengan cara yang cukup sederhana di tempat obyek wisata, baik itu diwarung atau stand makanan, rumah makan tradisonal, atau rumah makan Padang (kota yang terdapat di Sumatera Barat) dan anda akan menemukan sebuah cita rasa yang melebihi apa yang anda bayangkan yang mampu membius selera makan anda. Sate, ya sate merukana masakan yang menjadi ciri khas yang terdiri dari potongan kecil daging kemudian ditusuk dan dibakar diatas bara api, selanjutnya disajikan dengan taburan saus kacang yang memiliki kelezatan khas saus kacang sate menjadi sebuah cita rasa yang legendaris di lidah para penikmatnya. Selain sate, ada nasi goreng yang telah menjadi hidangan nasional negeri ini yang dibuat dari nasi beras yang telah dimasak kemudian digoreng dengan bumbu bumbu khusus nasi goreng yang diracik oleh para ahlinya kemudian dicampur dengan kecap dan ditaburi daging sesuai dengan selera seperti daging ayam, daging sapi atau hanya sekedar sosis siap saji sebagai penambah rasa lezat agar sesuai dengan selera lidah anda.
 
nasi goreng
Nasi Goreng
            Selain sate dan nasi goreng tadi masih ada ayam goreng yang menjadi khas masakan nusantara yang sangat berbeda dengan ayam goreng yang disediakan oleh restoran siap saji. Menu ayam goreng yang menjadi khas kuliner Indonesia ini merupakan sajian ayam goreng yang telah dibumbui oleh rempah rempah dapur dengan resep khusus yang menjadi cita rasa khas yang selalu menjadi sajian utama disetiap tempat pariwisata yang ada di Indonesia. Itu hanya beberapa masakan khas Indonesia yang sudah menjadi budaya yang wajib anda coba setiap berkunjung ke negeri sejuta kuliner ini. Masih banyak kuliner  yang wajib anda coba jika berkunjung ke Indonesia. Selamat datang di Indonesia dan selamat mencoba kelezatan masakan khas nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar