Menikmati Keindahan Taman Nasional Komodo

keindaham taman nasional Pulau Komodo
Sunset Di Pulau Komodo
Taman Nasional Komodo di Flores, NTT memang menyimpan banyak keindahan. Wisatawan yang datang akan disuguhkan dengan alam yang masih terjaga lengkap dengan satwa liar seperti komodo.


Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, serta beberapa pulau kecil. Jumlah penduduk di wilayah ini kurang lebih adalah 4.000 jiwa.

Pulau-pulau yang masuk dalam Taman Nasional Komodo aslinya adalah pulau vulkanis. Pada tahun 1986 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
komodo dragon
Komodo

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Jika dihitung, ada sekitar 277 spesies hewan di sana. Hewan-hewan ini terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia.

Bersama dengan komodo, setidaknya ada 25 spesies hewan darat dan burung yang masuk dalam kategori dilindungi. Penggolongan ini karena jumlah mereka yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Kurang lebih ada sekitar 253 spesies terumbu karang di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairannya.

0 komentar:

Posting Komentar